TUGAS 3 SISTEM PAKAR

Nama : Sherly Virgoila Pidang

Kelas : 3A

NPM : 2455208022

Akuisisi Pengetahuan Sistem Pakar

  • Akuisisi Pengetahuan Skenario 1 – Metode Forward Chaining

Judul Kasus:

Sistem Pakar untuk Menilai Perilaku Siswa

Sumber Pengetahuan:

Guru bimbingan konseling (BK) atau wali kelas yang memahami karakter siswa di sekolah.

Tujuan Sistem:

Menentukan apakah seorang siswa perlu pembinaan khusus berdasarkan perilaku sehari-harinya.

Proses Akuisisi Pengetahuan:

Berdasarkan wawancara dan observasi dengan guru BK, diperoleh informasi berikut:

  1. Siswa yang sering alpa dan malas membuat PR biasanya memiliki disiplin rendah.
  2. Siswa yang ketahuan menyontek memiliki kejujuran rendah.
  3. Siswa yang melawan guru termasuk tidak sopan.
  4. Jika siswa disiplin rendah dan sering terlambat, maka kurang tanggung jawab.
  5. Jika siswa disiplin rendah, tidak sopan, dan kejujuran rendah, maka memiliki perilaku buruk.
  6. Jika siswa berperilaku buruk dan kurang tanggung jawab, maka siswa tersebut memerlukan pembinaan khusus.

Representasi Pengetahuan (Rule Base):

R1: IF alpa AND malas_buat_PR THEN disiplin_rendah
R2: IF disiplin_rendah AND terlambat THEN kurang_tanggung_jawab
R3: IF menyontek THEN kejujuran_rendah
R4: IF melawan_guru THEN tidak_sopan
R5: IF disiplin_rendah AND kejujuran_rendah AND tidak_sopan THEN perilaku_buruk
R6: IF perilaku_buruk AND kurang_tanggung_jawab THEN siswa_perlu_pembinaan

Fakta Awal (Input Sistem):

alpa, malas_buat_PR, terlambat, menyontek, melawan_guru

Proses Inferensi (Forward Chaining):

Sistem menelusuri aturan dari fakta awal menuju kesimpulan akhir:

  1. Fakta awal memenuhi R1, R3, R4 → menghasilkan disiplin_rendah, kejujuran_rendah, tidak_sopan.
  2. Fakta disiplin_rendah dan terlambat memenuhi R2 → menghasilkan kurang_tanggung_jawab.
  3. Fakta disiplin_rendah, kejujuran_rendah, tidak_sopan memenuhi R5 → menghasilkan perilaku_buruk.
  4. Fakta perilaku_buruk dan kurang_tanggung_jawab memenuhi R6 → kesimpulan akhir: Siswa perlu pembinaan khusus.

 

  • Akuisisi Pengetahuan Skenario 2 – Metode Backward Chaining

Judul Kasus:

Sistem Pakar untuk Menentukan Penyebab Gagal Panen

Sumber Pengetahuan:

Pakar pertanian atau penyuluh lapangan yang berpengalaman menganalisis penyebab kerusakan tanaman.

Tujuan Sistem:

Menentukan penyebab gagal panen berdasarkan kondisi tanaman yang diamati.

Proses Akuisisi Pengetahuan:

Dari hasil diskusi dengan ahli pertanian diperoleh pengetahuan:

  1. Jika daun tanaman berlubang dan ada hama di daun, maka penyebabnya serangan hama.
  2. Jika tanah kering dan tidak ada pengairan, maka penyebabnya kekeringan.
  3. Jika tanah tergenang air, maka penyebabnya kelebihan air.
  4. Jika pupuk tidak sesuai dosis, maka penyebabnya kesalahan pemupukan.
  5. Jika daun berjamur dan batang menghitam, maka penyebabnya penyakit jamur.

 Representasi Pengetahuan (Rule Base):

R1: IF daun_berlubang AND ada_hama_di_daun THEN serangan_hama
R2: IF tanah_kering AND tidak_ada_pengairan THEN kekeringan
R3: IF tanah_tergenang THEN kelebihan_air
R4: IF dosis_pupuk_tidak_sesuai THEN kesalahan_pemupukan
R5: IF daun_berjamur AND batang_menghitam THEN penyakit_jamur
R6: IF serangan_hama OR kekeringan OR kelebihan_air OR kesalahan_pemupukan OR penyakit_jamur THEN gagal_panen

Proses Inferensi (Backward Chaining):

  1. Tujuan sistem: Apakah penyebab gagal panen?
  2. Sistem memeriksa aturan R6 dan menelusuri kemungkinan penyebab satu per satu.
  3. Sistem memeriksa hipotesis H1 = Serangan Hama → merujuk ke R1.
  4. Sistem bertanya:
  5. Apakah daun tanaman berlubang? → Ya
  6. Apakah ada hama di daun? → Ya
  7. Karena kedua kondisi benar, maka H1 terbukti.
  8. Sistem menyimpulkan: Penyebab gagal panen adalah serangan hama.

  •  Kesimpulan Umum Akuisisi Pengetahuan

Proses akuisisi pengetahuan menghasilkan kumpulan aturan (rule base) yang menjadi inti dari sistem pakar.

  • Pada Forward Chaining, sistem bergerak dari fakta menuju kesimpulan.
  • Pada Backward Chaining, sistem bergerak dari tujuan (goal) menuju fakta pendukung.

Kedua metode ini memungkinkan sistem pakar meniru pola pikir pakar manusia dalam menyelesaikan masalah tertentu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MID PROJECT TEORI STRUKTUR DATA

game algoritma dan logika

Deskriptif, flowchart,dan Pseudocode