Tugas 1 Sistem Pakar
Nama : Sherly Virgoila Pidang
Kelas : 3A
NPM : 2455208022
Deskripsi bagaimana interaksi antar komponen dalam sistem pakar
Sistem pakar terdiri dari komponen utama:
1. Basis Pengetahuan: Menyimpan pengetahuan dan aturan.
2. Mesin Inferensi: Menggunakan pengetahuan untuk membuat keputusan.
3. Antarmuka Pengguna: Interaksi dengan pengguna.
Digunakan dalam aplikasi seperti diagnosa medis, konsultasi keuangan, dan pengendalian proses industri.
- Interaksi antar komponen berjalan secara siklus: pengguna memasukkan input → sistem memproses dengan mesin inferensi → hasil dicocokkan dengan knowledge base → solusi/diagnosis ditampilkan kepada pengguna.
- Contoh alur kerja dari sistem pakar: (Belanja Online)
User (Pengguna):
Seorang pembeli ingin membeli sepatu secara online. Ia memasukkan preferensi: "ukuran 40", "warna hitam", dan "budget maksimal Rp300.000".-
User Interface:
Sistem e-commerce menampilkan form filter pencarian. -
Working Memory:
Data input dari pengguna (ukuran, warna, harga) disimpan sementara. -
Inference Engine:
Mesin inferensi membandingkan input pengguna dengan aturan di knowledge base.-
Aturan contoh:
-
Jika ukuran = 40 + warna = hitam + harga ≤ Rp300.000 → tampilkan produk yang sesuai.
-
-
-
Knowledge Base:
Berisi daftar produk sepatu beserta atributnya (ukuran, warna, harga, merek). -
Output (Solusi):
Sistem menampilkan beberapa rekomendasi sepatu hitam ukuran 40 dengan harga di bawah Rp300.000. -
Explanation Facility:
Sistem menjelaskan: "Rekomendasi ini diberikan berdasarkan preferensi ukuran, warna, dan harga yang Anda masukkan."
Komentar
Posting Komentar